5 Faktor Yang Mempengaruhi Seseorang Terkena Asma

Penyebab asma
Penyebab asma

5 faktor yang mempengaruhi seseorang terkena asma – Penyakit asma sangat berkaitan dengan saluran pernafasan seseorang, serangan asma ditandai dengan munculnya gejala gejala seperti sesak nafas, hidung berair, sulit tidur, nafas berbunyi, sampai kehilangan kesadaran. Penyakit ini memang tidak menular seperti flu, melainkan penyakit bawaan (turunan) dari anggota keluarga sebelumnya. Penyakit asma ini umumnya lebih sering ditemui pada anak anak dan dewasa muda karena saluran pernafasan yang sensitif.

Pada umumnya penderita asma memiliki saluran pernafasan yang sensitif dan mudah meradang apabila terkena alergen seperi asap, debu, serbuk sari, serangga, makanan, dll yang dapat memicu terjadinya serangan asma. Berikut beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi seseorang dapat menjadi pengidap asma:

  1. Faktor Keturunan / Genetika

Seperti yang disebutkan di atas bahwa asma merupakan penyakit bawaan (turunan) dari anggota keluarga lainnya yang memiliki riwayat penyakit asma, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa asma itu bukanlah penyakit yang menular tetapi diturunkan.

  1. Faktor Cuaca

Selain dari faktor keturunan ternyata cuaca juga dapat mempengaruhi saluran nafas seseorang menjadi sensitif, biasanya perubahan suhu secara ekstrim dapat memicu terjadinya serangan asma pada seseorang.

  1. Infeksi Saluran Pernafasan

Penyakit asma juga dapat dipicu oleh faktor infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri tertentu yang menyerang sistem pernafasan, infeksi ini dapat memicu terjadinya peradangan pada saluran pernafasan sehingga menjadi lebih sensitif.

  1. Faktor Lingkungan

Tinggal di dalam ruang lingkup lingkungan yang penuh polusi oleh asap juga dapat membuat saluran pernafasan seseorang menjadi sensitif dan mudah terjadi peradangan. Selain itu tinggal di dalam rumah yang kotor dan berdebu juga berpotensi menyebabkan seseorang terkena asma begitu juga dengan asap rokok, kendaraan, pembakaran hutan / sampah yang jauh lebih berbahaya terhadap saluran pernafasan dan dapat menyebabkan infeksi.

  1. Faktor Makanan

Yang terakhir adalah soal makanan yang kita konsumsi setiap hari, saluran pernafasan yang sensitif dapat dipicu oleh makanan yang mengandung kadar sulfit tinggi. Sulfit ini bersifat sulfur dan dapat meradangkan saluran pernafasan menjadi lebih sensitif, makanan yang biasanya dihindari oleh penderita asma seperti seafood, kacang kacangan terutama kacang tanah, minuman beralkohol atau bersoda.

Baca juga artikel menarik tentang obat tradisional asma yang alami dan ampuh.

Selain 5 hal di atas sebenarnya masih ada lagi faktot faktor lain yang dapat memicu seseorang menjadi terkena asma, namun pada umumnya 5 hal di atas yang paling umum ditemui pada penderita asma. Salah satu langkah awal untuk mencegah terkena dan terserang asma ialah dengan menjaga kehigienisan diri sendiri dan lingkungan sehingga dapat memperoleh kualitas kehidupan yang lebih baik lagi dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya yang saat ini mengancam kehidupan masyarakan moderen.

Sumber : www.nhlbi.nih.gov

Please follow and like us:

No comments have been made. Use this form to start the conversation :)

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)